apa-resolusi-kamu-di-tahun-2018

Pergantian tahun selalu menjadi momentum kebanyakan orang untuk menyusun resolusi. Resolusi amatlah penting bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas diri jadi lebih baik di waktu mendatang dan mengevaluasi yang sudah terjadi di masa lalu. Kalau hidup kita maunya easy going aja sih ya ga masalah. Tapi hambar ga sih kalau hidup kita ga terpola dan gitu-gitu aja?

Itulah kenapa banyak orang yang begitu semangat membuat resolusi tahun baru. Sebagian ada yang sudah tercapai di tahun lalu dan kebanyakan malah dapat zonk. Hmm ternyata membuat resolusi pun ada aturannya loh. Ga bisa langsung kita buat gitu saja kalau mau kelihatan hasilnya. Lalu, komponen apa saja sih yang harus kita perhatikan?

 

1. Spiritual

Pertama, dari area spiritual. Hal pertama yang harus kita prioritaskan karena hubungannya dengan sang pencipta meliputi ibadah, sedekah, ritual, kekhusyukan, dll. Sudahkah Anda meresolusikan apa yang ingin ditingkatkan? Atau ada sesuatu yang ingin Anda capai? Bagi Anda yang beragama Islam, shalat berjamaah 5 waktu di masjid dan bisa menjalankan ibadah umroh ke tanah suci adalah resolusi paling realistis yang bisa Anda jalankan.

 

2. Family / Relationship

Setelah Anda menyusun resolusi dari area spiritual, selanjutnya Anda bisa meresolusikan hubungan dengan orang terdekat Anda seperti suami, istri, keluarga, anak, orangtua/mertua, sampai calon pasangan hidup.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, perbaiki komunikasi dan tingkatkan perhatian serta kasih sayang agar hubungan Anda lebih harmonis dari sebelumnya. Jangan lupa, untuk meluangkan lebih banyak waktu disamping urusan pekerjaan Anda.

Dan bagi Anda yang ingin membangun keluarga di tahun ini, segerakan. Tak perlu ditunda lagi. Bukankah dengan ‘berdua’ jauh lebih baik? πŸ˜€

 

3. Social

Setelah hubungan dengan keluarga diperbaiki, selanjutnya Anda dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan lingkungan tempat tinggal, teman, dan kerabat di lingkungan kerja. Tentu dengan harapan pada tahun 2018 ini kita berharap dapat memberikan sesuatu yang lebih positif terhadap kehidupan di sekitar kita. Sebagai contoh, Anda bisa aktif dalam kegiatan RT/RW atau berpartisipasi menjadi relawan kemanusiaan di hari Minggu.

 

4. Career / Business / Financial

Nah, sekarang Anda dapat memikirkan capaian dalam pekerjaan/bisnis bila relation ada sudah dibenahi. Bagi yang memiliki bisnis, bisnis dapat berkembang dan memiliki banyak customer loyal menjadi impian. Bagi yang berkarier, jabatan yang lebih tinggi serta penghasilan yang lebih baik pasti sudah ada dalam angan-angan Anda kan? Yups, inilah yang banyak diimpikan orang ketika tahun baru tiba. Ingin memiliki ini dan itu di tahun yang baru dari mulai kendaraan, property, dan lainnya.

 

5. Health

Ingat, jangan sampai tekad Anda untuk mengejar karier terlalu tinggi sampai melupakan kesehatan. Semua yang Anda makan tidak terlihat efeknya dalam jangka pendek, tapi jangka panjang. So, membuat resolusi dalam sektor kesehatan juga tak kalah penting. Sebagai contoh Anda bisa bertekad untuk mengurangi makanan yang mengandung kolesterol dan lebih banyak mengkonsumsi sayuran.
6. Leisure

Dunia itu luas. bertamasyalah! Bahagiakan diri dan keluarga. Rencanakan kapan dan ke mana Anda akan berlibur. Booking hotel dan tiket sejak jauh hari. Anda perlu travelling untuk melepaskan diri dari kepenatan bekerja. Tidak usah terlalu banyak, cukup 1 destinasi saja dan pastikan Anda bersama keluarga akan mengunjunginya.

 

7. Personal Growth

Terakhir, kebutuhan ‘leher ke atas’. Ini ada hubungannya dengan poin nomor 3. Ketika Anda ingin karier lebih baik, maka pengembangan diri juga mutlak harus dilakukan. Jangan Anda berpuas terhadap yang sudah Anda capai. Dunia bisnis yang sangat dinamis membutuhkan orang-orang yang kreatif dan inovatif. Jangan ragu sisihkan penghasilan Anda untuk bisa mengikuti pelatihan, seminar, dan kursus yang bisa meningkatkan skill sesuai bidang yang Anda geluti.

Selamat tahun baru 2018, semoga resolusi yang telah kita buat dapat tercapai di tahun ini!