Belanja online sudah merupakan kegemaran dan kesukaan masyarakat Indonesia yang makin meningkat setiap harinya, itulah kenapa banyak sekali para pembisnis online shop berlomba-lomba mencari ide-ide baru dan kreatif dalam upaya memberikan penawaran menarik bagi online shopper. Saat ini para marketplace besar di Indonesia seperti Blibli.com, Lazada.com dan masih banyak lagi tengah gencar membangun para penggila online shopping untuk berlomba-lomba memenuhi kantong belanja mereka di Hari Belanja Online Nasional yang dimulai dari tanggal 11 November hingga 12 Desember.

Harbolnas sendiri diperingati karena merupakan salah satu upaya yang awalnya dilakukan oleh gabungan beberapa pembinis e-commerce untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat tentang kemudahan dalam berbelanja online dengan aman dan nyaman. Kemeriahan perayaan Harbolnas juga sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu hingga hari ini di jejaring sosial.

hari belanja online nasional (harbolnas)

Harbolnas sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 silam. Pertama kali Harbolnas diselenggarakan hanya diikuti oleh 10 online shop di Indonesia. Setelah itu mulai beberapa bahkan belasan online shop lainnya mulai mengikuti jejak di tahun 2013, dan di tahun 2014 bertambah hingga 78 online shop dan ditahun ini diperkirakan akan bertambah banyak online shop yang turut memeriahkan Harbolnas ini. Dengan adanya kemajuan ini diharapkan kedepannya masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Moment seperti ini bukan pertama kalinya terjadi di dunia. Sejak diadakan di Amerika yakni berupa even serupa dimana pelaku-pelaku e-commerce mengadakan diskon besar-besaran pada hari yang mereka tentukan. Mereka menyebutnya dengan black Friday dan cyber Monday. Dan ini lah yang ditunggu-tunggu oleh para online shoppers di Amerika.

Di lain itu Harbolnas juga diadakan untuk menaikkan baseline jumlah transaksi online oleh para pembisnis e-commerce kemudian mempertahankannya, bisa dibilang Harbolnas adalah booster bagi para penggiat bisnis online shop di Indonesia.banyak tawaran diskon besar-besaran dari 20% hingga 90% untuk rekor tertingginya. Semua kategori barang dari elektronik hingga peralatan rumah tangga sekalipun. Dan diskon ini hanya berlaku di hari dan waktu yang ditetapkan hingga batas berakhirnya perayaan tersebut.

Semoga dengan adanya even seperti ini kedepannya dapat memberikan energi positif bagi industri bisnis e-commerce Indonesia dan lebih banyak lagi pelaku online shop yang ikut serta meramaikan Hari Belanja Nasional ini.