Sebagai customer loyal yang telah bertahun-tahun mempercayakan pengirimannya kepada NCS, tentu Anda ingin tahu bagaimana alur business process dan service yang dilakukan NCS, dari mulai pick up, delivery, invoicing, sampai reporting.

Nah dalam kesempatan kali ini, kami ingin sharing kepada Anda dari mana sih semua hal itu bermula. Tentu saja dibantu oleh teknologi IT iDss, yang mana ada 10 aplikasi telah menunjang pengiriman NCS. Apa saja?

 

1. Pick Up

Kami membuat aplikasi request pick up dari 2 account. Yaitu account customer selaku pengirim dan akun kurir. Dari pihak pengirim, terdapat aplikasi bernama NCS Deal, yang mana customer dapat melakukan request pick up dari mobile.

Request yang dikirim akan sampai ke dispatcher. Setelah itu request akan didistribusikan kepada kurir. Nah aplikasi yang diterima kurir ini bernama iDss Pickup Mobile, kurir dapat menerima pick up langsung pada smartphone mereka.

 

2. Delivery & Monitoring

Bagaimana reporting kurir saat melakukan pengiriman?

Kurir yang telah sukses mengirim dokumen city courier harus menginputnya di aplikasi MRC Mobile Gen 2. Sementara untuk kiriman paket & Express ditangani oleh Express Mobile Gen 2. Performa mereka diukur dari ketepatan waktu melakukan pengiriman dan memberi report melalui aplikasi.

Dan bagaimana performa mereka dapat dikontrol?

Melalui aplikasi MRC Dashboard, atasan dapat mengontrol performa kurir secara real time sampai pada tingkat individu. “Berapa kiriman yang sudah sukses ter-delivery, semuanya terekam. Dan itu sudah berlaku di semua cabang,” Ungkap Bapak Nanang Rohyat, IT & HR Director PT NCS.

Saat ini secara bertahap sedang berlangsung migrasi dari MRC & Express Mobile Gen 2 ke ICL Mobile dan ICL Dashboard dengan fitur-fitur yang lebih diperkaya.

 

3. Invoicing

Tidak hanya dari proses delivery, layanan kami juga sudah mensupport proses invoicing. Saat kurir mengantar invoice, kurir akan memberikan report melalui aplikasi BAS Collector apakah pembayaran dilakukan melalui transfer atau cash. Saat itu report bisa diterima dan dimonitor oleh Finance Departement melalui aplikasi BAS Dashboard.

 

4. NCS Price and Tracking

Dan inilah aplikasi yang bisa digunakan oleh customer yang membutuhkan informasi ongkir dan status kiriman. Customer retail tidak lagi perlu membuka website bila ingin mengecek status. Cukup buka aplikasi NCS Price and Tracking, kebutuhan bisa terjawab seketika.

Itulah 10 aplikasi NCS yang telah dilaunching oleh iDss guna menunjang kebutuhan Anda. Mohon dukungannya agar kami bisa terus memberikan yang terbaik dalam melayani.