dsc_0161-copy

Pertanyaan seperti ini sangat sering dilontarkan pengunjung booth NCS di Event FLEI kemarin. “Bagaimana kalau nanti agen saya sepi? Ada gak support promosi dari NCS? Omsetnya kira-kira berapa?” dan sederet pertanyaan lainnya. Perlu diketahui, selama Anda melihat agen jasa pengiriman lain sangat ramai di tempat tinggal Anda, artinya ada pangsa pasar yang besar terhadap bisnis Anda. Orang yang membutuhkan pihak ketiga untuk mengirimkan sesuatu yang akan dikirimnya, pasti akan mendatangi jasa pengiriman. Jadi Anda tinggal menunggu orang-orang untuk datang!

 

Apakah cukup hanya dengan menunggu?

Kalau Anda incomenya ingin yang biasa-biasa saja, jawabannya “Ya”. Namun kalau Anda ingin mendapat lebih dengan berusaha lebih, ada beberapa cara yang harus Anda upayakan. Apa saja sih?

 

  1. Mulai dengan Melayani Secara “Berbeda”

Pelayanan jasa pengiriman pada umumnya kurang lebih: menanyakan isi pengiriman, menggunakan jenis pengiriman apa, memberi resi dan uang kembalian, serta mengucapkan terima kasih. Orientasi penjaga counter sudah tertuju kepada layar monitor, bagaimana sesegera mungkin dapat menginput data dan menyelesaikan pekerjaannya. Bila saya beri tahu, percayakah di kantor pusat NCS penjaga counter dididik untuk selalu bersikap ramah? Mengucapkan selamat pagi, mengumbar senyum, mengajak ngobrol, sampai mengucapkan hati-hati di jalan. NCS menghimbau dari awal agar para agennya tidak berorientasi keuntungan semata, tapi menjadikan para customer sebagai “rekan” yang harus dilayani dengan baik ketika bertamu.

 

  1. Gunakan Sosial Media Anda untuk Berpromosi

Iklankan agen Anda melalui facebook, twitter, dan instagram yang Anda miliki. Bukan tidak mungkin kerabat, saudara, atau rekan Anda yang memiliki online shop atau sekadar mengirim barang dapat mengunjungi agen Anda. Buat juga story telling misalnya seseorang yang tengah candid sedang mengirim paket. Narasikan bahwa ia adalah salah satu pelanggan setia Anda. Datang menggunakan apa, apa kebiasaan uniknya, dan paket apa yang ia kirim. Tunjukkan bahwa Anda sangat terkesan dan mengapresiasi kepercayaannya terhadap agen Anda.

 

  1. Himpun Pelanggan Anda dalam Grup WhatsApp

Tidak semua customer apalagi yang berprofesi sebagai online shop berkenan untuk dikumpulkan dalam grup WA yang mereka tidak kenal, terlebih di sela kesibukan mereka berjualan online. Namun bila grup tersebut dibumbui dengan ajang sharing sesama online shop, tentu mereka akan tertarik. Mereka bisa berbagi tips atau sharing produk. Contohnya, ada penjual sepatu, penjual parfum, dan penjual pakaian yang menjadi customer Anda. Satu sama lain dapat saling sharing produk yang dijualnya, bukan tidak mungkin penjual parfum akan membutuhkan pakaian begitupun sebaliknya. Tentunya dengan harga sesama penjual.

 

  1. Mulailah Bermain Corporate

Ini adalah inisiatif bagaimana Anda bisa mendapat customer dengan pengiriman jumlah besar. Apalagi, jasa pengiriman NCS sangat mensupport para agen yang ingin bermain corporate. Melalui draft surat penawaran yang diberikan NCS, agen dapat bergerilya mengunjungi perusahaan yang memiliki potensi melakukan pengiriman dan lokasinya dekat lokasi agen.

 

  1. Fast Respons dalam Menangani Complaint

Salah satu cara yang harus dilakukan agar Anda dapat segera menangani complaint adalah harus selalu terkoneksi dengan Customer Service (CS) NCS. Hal itu bisa melalui whatsapp atau email yang mana pada jam kerja pihak CS NCS selalu standby pada jam kerja. Status terkini akan dikirimkan oleh pihak PT NCS langsung dan Anda dapat segera menginformasikannya kepada customer Anda.

Demikian cara-cara yang dapat meningkatkan pengunjung di agen NCS Anda. Sudah siap untuk mendapat income lebih? Semoga sukses!